Rabu, 07 Mei 2008

Hyundai Getz




TEST DRIVE
Hyundai Getz Melesat Gesit

JAKARTA - Jika melihat desain keseluruhannya, Hyundai Getz menjanjikan kenikmatan berkendara. Apalagi di Jakarta yang kondisi jalan rayanya tak pernah lengang. Tapi “kakak” dari Atoz ini sedikit lebih besar. Bodinya mungil sehingga masih bisa digolongkan ke dalam city car, walau sebenarnya lebih pas sebagai mini MPV. Mobil ini cukup populer di Eropa dan di sana menyandang nama Click.
Ruang kabinnya termasuk lega. Interiornya terkesan mewah dan nyaman. Panel meter pada dashboard mudah terbaca dan cantik. Kedudukan roda kemudi di depannya tak menghalangi pandangan. Panel meter yang berbentuk bulat ini didesain dengan iluminasi berwarna biru (menyala biru) di sekeliling angkanya. Pengendara dengan mudah membaca speedometer, tachometer, dan indikator bahan bakar. Di sebelah kanan tachometer, terlihat dua indikator pintu penumpang dan bagasi. Panel akan menyala jika pintu belum tertutup rapat.
Duduk di depan kemudi serasa duduk di dalam sedan. Getz tampaknya memperhitungkan faktor ergonomi pada desain interiornya, sekaligus estetika dan mutu material untuk menciptakan ruang kabin senyaman-nyamannya, namun aman.
Kelebihan yang menjadi catatan adalah ruang di bawah kemudi yang cukup leluasa sehingga memudahkan gerakan kaki dalam mengoperasikan Getz yang bertransmisi manual ini. Jarak tempat duduk depan dan belakang, oke. Artinya, kaki penumpang belakang masih leluasa bergerak. Berbeda dengan Atoz, yang memiliki jarak lebih pendek sehingga jika terlalu lama duduk di kursi belakang, kaki penumpang pegal-pegal.
Getz yang mengusung mesin 1300 cc ini ternyata gesit di jalan raya. Perpindahan dari gigi 2 ke 3 akselerasinya luar biasa. Kecepatan semakin berkembang lagi ketika lari di jalan bebas hambatan. Pada kondisi jalan setengah macet, mobil ini bisa diandalkan karena lincah bermanuver. Pada kecepatan tinggi dan di jalan bergelombang, keseimbangannya terjaga baik.
Mobil ini lincah. Hyundai memang merancangnya untuk membidik kaum muda yang dinamis. Dimensi mobil ini memang mendukung untuk melakukan manuver meliuk, ketika menyusul mobil di depannya dan berbelok dalam kecepatan sedang. Dalam posisi terjepit di tengah iring-iringan, Getz mudah melepaskan diri dari kepungan kendaraan. Jarum speedometer dengan cepat menyentuh 120 km/jam.
Faktor keamanan yang dimiliki Getz memang memberi rasa percaya diri pengendara dalam mengemudikannya. Mobil ini memiliki perlindungan ganda untuk mengurangi risiko pengemudi dan penumpang terhadap efek benturan. Penerapan teknologi terkini pada bodinya yang disebut Hyundai Advanced Integrated Safety Technology (HAIST), mampu menyerap dan sekaligus mendistribusikan energi benturan ke seluruh struktur bodi. Faktor keamanan ini diperkuat lagi dengan Door Side Impact Bar yang terbuat dari baja pada keempat pintunya untuk perlindungan samping.
Faktor lainnya yang juga memberi andil rasa aman adalah adanya sabuk pengaman pada seluruh kursi. Jika terjadi benturan keras dari depan, batang stir bisa terlipat/patah untuk meminimalkan risiko bagi pengemudi.
Catatan lain yang menjadi kelebihan Getz adalah pemakaian jenis bahan bakarnya cukup diisi dengan jenis leaded saja atau premium. Terbukti mobil ini mampu berlari kencang dan tanpa ngelitik. Ini berbeda dengan kompetitornya yang ngambek mesinnya jika diisi bukan dengan unleaded (pertamax atau pertamax plus).

Untuk lebih lengkapnya klik HYUNDAI GETZ

Tidak ada komentar: