2. NADIA IPS 1
3. YEDI IPS 1
4. HIKMAT IPS 4
5. NIA IPS 4
6. RISKY IPS 4
7.RULLY IPS 4
Berukuran kecil tidak menghalangi Suzuki Swift -- compact car keluaran Suzuki yang baru diperkenalkan PT Indomobil Niaga International (PT IMNI) pada gelaran Gaikindo Auto Expo 2005 yang lalu -- untuk melaju di jalan dengan rute pengetesan Jakarta-Bandung, dengan variasi tipe jalan. Yakni, melalui jalur Puncak yang menanjak dan berbukit, serta jalur highway, melewati tol Jagorawi dan tol Cipularang. Hal tersebut dibuktikan melalui test drive yang diprakarsai oleh PT IMNI.
Sepekan silam, sekitar 26 buah mobil Suzuki Swift melaju dari markas PT IMNI di Jl MT Haryono, Jakarta Selatan. Sebelum dikemudikan ke arah Puncak, mobil yang sangat kental 'beraliran' khas Eropa tersebut sempat mengitari beberapa ruas jalanan ibu kota. Bahkan, Monumen Nasional (Monas) pun ikut dikitari mobil yang memiliki mesin M15A DOHC - variable valve timing selain Jl Medan Merdeka Barat dan Jl MH Thamrin. Berkendara di kota Jakarta, iring-iringan mobil sempat tertahan oleh kemacetan lalu lintas. Meski demikian, kondisi para penumpang di dalam tetap merasa nyaman.
Mobil berdimensi 3.695 mm x 1.690 x 1.500 mm yang sejak awal rancangannya melibatkan desainer dari Eropa dan Jepang tersebut masing-masing ditunggangi oleh empat orang. Dua orang di depan, dan dua orang di belakang. Sekitar pukul 11 siang, mobil melaju memasuki gerbang tol Jagorawi. Dengan kecepatan sekitar 60 km/h, mobil melaju dengan licin dan gesit di atas jalan tol tersebut. Memasuki kota Bogor, melalui jalan tol Ciawi, akhirnya mobil yang memiliki tenaga maksimum 110PS/6.000 rpm itu mendatangi Jl Raya Puncak, Bogor. Meski jalanan berkelok dan menanjak, mobil dengan torsi maksimum 143 Nm/4.000 rpm itu tetap tak kehilangan tenaga maupun kelincahannya.
Mengitari keindahan jalanan Puncak, para penumpang masih merasakan kenyamanan dalam berkendaraan dengan mobil yang memiliki kecepatan maksimum 185 km/jam tersebut. Faktor keamanan pun tak perlu dikhawatirkan. Sebab, Suzuki Swift memiliki sistem pengereman yang sudah dilengkapi dengan ABS + EBD, dual SRS airbag, TECT Body, Side Impact Beam dan juga Pendestrian Protection. yakni front bumper Swift yang tidak terlalu mematikan ketika terjadi tabrakan.
Suzuki Swift memang dirancang untuk menjadi 'mobil kota'. Namun, ternyata pemilihan rute melalui Puncak, memiliki alasan tersendiri. Seperti yang disampaikan oleh Joko Utomo, marketing general manager Suzuki Mobil, PT IMNI, kepada Republika, (8/10), ''Meski mobil kota, tapi kami sengaja memilih rute melewati puncak karena berkeinginan untuk memberi kesempatan pada para peserta test drive untuk mencoba kemampuan mobil ini.
Pertama, pada area soft and good dalam arti, dalam kota yang biasa ada trafik. Sehingga, bisa merasakan akselerasi bawah dari mobil ini,''ungkapnya. Kemudian ia menambahkan bahwa dengan melewati puncak akan memperlihatkan bahwa mobil ini kuat ditanjakkan. Sementara, penggunaan jalan tol, ditujukan untuk mencoba kecepatan maksimum dari mobil ini. ''Pada saat menggunakan tol Cikularang akan benar-benar diketahui bahwa mobil ini memang lincah, gesit dan memiliki speed yang tinggi,''katanya. Laju iring-iringan test drive sempat berhenti untuk melepas lelah di restoran Rindu Alam II. Baru kemudian sekitar pulul dua siang, perjalanan dilanjutkan lagi menuju Bumi Pasundan, Bandung.
Tiba di kota Bandung sekitar pukul 15.30 sore melalui tol Padalarang-Cileunyi. Konvoi sempat beristirahat di salah satu kantor dealer Suzuki di Jl Soekarno-Hatta, Bandung. Perjalanan dilanjutkan sekitar pukul 16.30 dengan rute menyusuri jalanan kota kembang. Di antara jalan-jalan yang dilewati adalah Jl Moh. Ramdhan, Jl Karapitan, kawasan Dago, dan Cihampelas. Rombongan test drive berhenti untuk berbuka puasa di salah satu restoran di kawasan Ciwalk, di Jl Cihampeulas. Tiba di sana. konsumsi bahan bakar adalah sekitar 24 liter dari 45 liter okupansi bensin secara penuh. Jarak yang telah ditempuh sekitar 243 km.
Sekitar pukul 20.00, mobil kembali dilajukan ke arah tol Cipularang menuju kota Jakarta. Di jalan tol mobil dikendarai dengan kecepatan rata-rata sekitar 120km/jam. Ternyata mobil terasa tetap stabil dan lincah. Setibanya di ibukota, konsumsi bensin yang digunakan untuk rute awal Jakarta-Bandung via puncak dan Bandung-Jakarta via tol Cipularang adalah sekitar 44 liter dengan jarak tempuh keseluruhan 383 km.
Mobil yang memiliki harga on the road Jabotabek Rp 155,5 juta (M/T) dan Rp 166,5 juta (A/T) memang memiliki kelincahan dan kegesitan untuk digunakan di kota besar seperti Jakarta, maupun melewati jalan menanjak yang berkelok seperti Puncak. Desain dalam mobil terlihat elegan dengan jarak antara dashboard dan kursi pengendara maupun navigator yang cukup lapang. Namun, untuk bagian belakang kelapangan tidak bisa dirasakan seperti ketika duduk di kursi bagian depan. Karena, jarak jok depan dan jok belakang relatif cukup dekat. Selain itu, sandaran kursi belakang tidak bisa distel seperti halnya kursi depan. Sehingga, penumpang harus puas dengan stelan sandaran kursi sesuai dengan rancangannya.
DIMENSIONS | ||||
Overall Length | mm | 3.755 | ||
Overall Width | mm | 1.690 | ||
Overall Height | mm | 1.510 | ||
Wheelbase | mm | 2.390 | ||
Front Tread | mm | 1.470 | ||
Rear Tread | mm | 1.480 | ||
Ground Clearance | mm | 145 | ||
Minimum Turning Radius | m | 4.7 | ||
WEIGHT | ||||
Curb Weight | kg | 1000/1060/1020/1080 | ||
Gross Vehicle Weight | kg | 1.485 | ||
ENGINE | ||||
Type | M 15A, DOHC, UUT | |||
Number of Cylinders | 4 | |||
Number of Valves | 16 | |||
Displacement | cm3 | 1.490 | ||
Bore x Stroke | mm | 78.0 x 78.0 | ||
Compression Ratio | ps/rpm | 9.5 | ||
Max. Output | nm/rpm | 100/6000 | ||
Max. Torque | 143/4000 | |||
Fuel Distribution | Multipoint Fuel Injection | |||
TRANSMISSION | ||||
Type | 5MT | 4AT | ||
Gear Ratio | 1st | 3.545 | 2.875 | |
2nd | 1.904 | 4.568 | ||
3rd | 1.310 | 1.000 | ||
4th | 0.969 | 0.697 | ||
5th | 0.769 | - | ||
Reverse | 3.250 | 2.300 | ||
Final Gear Ratio | 4.105 | 4.144 | ||
CHASSIS | ||||
Steering | Rack and Pinion | |||
Brakes | Front | Ventilated Disc | ||
Rear | Drum, Leading & Trailing Drums | |||
Suspension | Front | MacPherson Strut & Coil Spring | ||
Rear | Torsion Beam & Coil Spring | |||
Tyres | 185/60 R15 | |||
CAPACITY | ||||
Fuel Tank Cap. | Litre | 45 | ||
Seating Cap. | Persons | 5 | ||
Luggage Cap.(Rear Seat Folded) | Litre | 562 | ||
Luggage Cap.(Rear Seat Raised) | Litre | 213 | ||
Daihatsu Sirion M MT 2008 - Sedan hatchback yang kompak ini, diperkenalkan pertengahan tahun lalu. Kehadirannya, untuk mengisi kekosongan di jajaran produk Daihatsu yang masih kosong. Secara keseluruhan mobil ini memiliki model yang baguditambah kelengkapan aksesori yang menepel pada sekujur bodi luar. Bagi yang melirik mobil kota, hatchback 5 penumpang ini boleh dipertimbangkan.(posmobil.com)
Honda Jazz 1.5 i-DSI
| |
Suzuki Swift ST MT
|
Harga :
Swift ST MT Rp. 132.000.000,-
Jazz 1.5 MT i-DSI Rp. 146.500.000,-
Sirion M MT Rp. 135.000.000,-
PENILAIAN POSMOBIL | SIRION M MT |
Kelebihan | Akselerasi bagus, model modern |
Kelemahan | Suspensi agak keras |
Spesifikasi | Sirion 1.3 M/T |
Tipe mesin | K3_VE DOHC, VVTi, 16 katup |
Isi silinder | 1.298cc |
Torsi maksimum | 12.2/4.400 Nm/rpm |
Daya maksimum | 92/6.000 ps/rpm |
Bahan bakar - jenis | Bensin tanpa timbal |
Bahan bakar - system | System injeksi bahan bakar elektronik |
Kapasitas tangki | 40 L |
Panjang | 3.720 mm |
Lebar | 1.665 mm |
Tinggi | 1.550 mm |
Jarak sumbu | 2.440 mm |
Jarak pijak depan | 1.455 mm |
Jarak pijak belakang | 1.465 mm |
Berat kosong | 930 Kg |
Suspensi depan | MacPherson Strut dengan Pegas Koil & Stabilizer |
Suspensi belakang | Torsion Beam dengan Per Keong |
Rem depan | Cakram berventilasi dengan Booster |
Rem belakang | Drum,Leading & Trailing |
Ukuran ban | 175/65 R14 |
TEST DRIVE
Hyundai Getz Melesat Gesit
Toyota Yaris 1.5 S Limited AT 2008 -- Kesan sporty dengan mengedepankan unsur gaya coba ditawarkan Toyota Yaris tipe S Limited otomatis yang telah kami uji kemampuannya di jalan raya ini. Memang sedari awal peluncuran 2006 silam, PT Toyota Astra Motor menyasar sedan kompak tanpa 'buntut' itu ditujukan buat kawula muda yang memiliki karakter, dinamis serta kreatif. (posmobil.com)
Honda Jazz 1.5 AT VTEC ABS
| |
Suzuki Swift ST AT M15A, DOHC, VVT, 4 silinder, 16 katup
|
Harga :
Swift ST AT Rp. 143.000.000,-
Jazz 1.5 AT VTEC ABS Rp. 172.500.000,-
Yaris S 1.5 AT Limited Rp. 179.100.000,-
PENILAIAN POSMOBIL | Yaris 1.5 S AT Limited |
Kelebihan | Hemat bahan bakar, performa bagus |
Kelemahan | Tidak menjangkau semua kalangan |
Spesifikasi | Yaris 1.5 S AT Limited |
Tipe mesin | IL 4 silinder, 16 katup, DOHC, VVTi |
Isi silinder | 1,497 cc |
Torsi maksimum | 14,4/4.200 Nm/rpm |
Daya maksimum | 109/6.000 ps/rpm |
Jenis bahan bakar | Bensin tanpa timbal |
Sistem bahan bakar | Sistem injeksi elektronik |
Kapasitas tangki | 42 L |
Panjang | 3,750 mm |
Lebar | 1,695 mm |
Tinggi | 1,520 mm |
Jarak sumbu | 2,460 mm |
Jarak pijak depan | 1,470 mm |
Jarak pijak belakang | 1,460 mm |
Berat kosong | 1,055 Kg |
Transmisi | 4 otomatis dengan super ECT |
Ukuran ban | 185/60 R15 |